Apa itu Rapidshare?

Apa Itu RapidshareRapidShare adalah sebuah site untuk file hosting yang dapat digunakan untuk files sharing dengan url “www.rapidshare.com”. Site ini merupakan file hosting yang sangat populer di internet pada saat ini dan termasuk dalam salah satu file hosting site yang paling besar di dunia dan yang paling sering digunakan oleh pengguna internet. RapidShare didirikan pada tahun 2006 dan sejak saat itu prestasinya dengan cepat meningkat hingga menjadi 12 besar website yang paling sering dikunjungi. Penemu file hosting site ini adalah Christian Schmid. Awalnya RapidShare merupakan file hosting site milik Jerman dengan url “rapidshare.de” yang beroperasi di Swiss, lalu rapidshare.com juga dibuka, namun saat ini sudah tinggal rapidshare.com karena rapidshare.de telah resmi ditutup.

Saat ini sudah sekitar ratusan ribu file yang terupload dan dapat didownload di RapidShare. Berbagai jenis file yang ada di sana seperti game, applikasi, film, lagu, e-book dan bayak lainnya. RapidShare menyediakan sekitar 5.4 petabytes untuk storage yang digunakan oleh para user. Itu berarti ada sekitar 5.4 x 1015 bytes storage yang disediakan untuk para user melakukan sharing files.

Sesuai dengan hal yang terutama dan yang sering-sering disebut oleh RapidShare yaitu one-click hosting, site ini membantu pengguna internet untuk dapat mengupload file yang ingin mereka bagikan. One-click hosting biasa digunakan untuk menjelaskan bahwa website tersebut menyediakan jasa bagi pengguna internet untuk mengupload file yang besar dari hard disk ke internet dengan sangat mudah yaitu hanya satu langkah saja dan juga gratis. Untuk dapat mengupload file di RapidShare, bukalah www.rapidshare.com terlebih dahulu. Setelah itu carilah dan klik tombol browse di sekitar bagian tengah. Saat muncul windows baru, pilih file yang ingin diupload dari hard disk dan klik open. Saat file yang ingin diupload sudah terpilih, klik upload. Dengan langkah yang sangat praktis tersebut, file sudah dalam proses upload dan hanya perlu menunggu hingga proses selesai. Setelah file sudah selesai diupload, maka pengupload akan diberi sebuah alamat url baru dari RapidShare yang merupakan alamat url dari file yang baru diupload tersebut. Ada 2 link url yang akan diberi setelah mengupload, yaitu download link dan delete link. Download link adalah untuk diberikan kepada orang yang ingin mendownload file tersebut, sedangkan Delete link adalah untuk menghapus file tersebut dari RapidShare. Mengupload file di RapidShare tidak dikenakan biaya dan tidak perlu melakukan register terlebih dahulu.

Download adalah hal yang paling banyak dilakukan oleh setiap pengguna file hosting site. Oleh karena itu, RapidShare juga menyediakan fasilitas download file gratis. Untuk dapat mendownload dari RapidShare, pengguna harus mengetahui url tempat file tersebut yang telah diberikan kepada pengupload. Setelah membuka url tersebut, terdapat dua pilihan tombol, yaitu Premium User dan Free User. Agar dapat mendownload file tersebut dengan gratis, pilihlah Free User. Free user harus menunggu selama sekitar 30 – 150 detik terlebih dahulu, baru dapat muncul tombol untuk download. Klik tombol download, maka file akan langsung terdownload.

Apa Itu Rapidshare

RapidShare dapat terus berjalan dan berkembang dengan adanya fasilitas Premium User. Premium User biasanya diperlukan oleh orang-orang yang perlu mendownload file yang sangat banyak dan sering di RapidShare. Untuk menjadi premium user di RapidShare, pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu dan membayar. Terdapat 5 pilihan pembayaran paket premium user dari sekitar 460.000 Rupiah. Dengan harga segitu dapat memeperoleh 400 Rapids, sedangkan setiap berlangganan selama 30 hari memerlukan 99 Rapids, sehingga setelah dihitung harga segitu dapat digunakan sekitar 4 bulan. Membayar untuk menjadi Premium User memberikan banyak keuntungan bagi user yang suka mendownload di Rapid Share. Dengan menjadi Premium User, kecepatan untuk mendownload akan sangat meningkat. Ketika download menggunakan Free User maka diharuskan untuk menunggu selama beberapa detik terlebih dahulu baru dapat mendownload, sedangkan Premium User tidak perlu menunggu terlebih dahulu. Biasanya jika orang mengupload file yg berukuran lebih dari 100 MB maka file tersebut akan dibagi beberapa bagian tiap 100 MB. Untuk mendownload beberapa bagian tersebut, Free User harus membuka link satu-persatu dan mendownload satu-persatu, sedangkan Premium User dapat langsung mendownload semua bagian itu tanpa harus membukanya satu-persatu. Free User hanya dapat mendownload 1 file dan harus selesai dahulu sebelum mendownload file berikutnya. Premium User dapat mendownload beberapa file sekaligus. Jika ada gangguan di tengah download, Premium User dapat melanjutkan download dari sebelumnya, sedangkan Free User harus mengulangi dari awal.

https://majalahteknologi.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: